Jumat, 15 Agustus 2014

Perbarui Iman

Assalamualaikum wrb.

Iman adalah Bentuk kepercayaan kepada Dzat yang wajib di percayai. orang yang beriman dinamakan mu'min. Mu'min adalah saudara sesama mu'min maka siapa yang memutuskan persaudaraan mereka tentu telah memutuskan kadar keimanan juga. 
Rasulullah bersabda kepada para sahabat" جددو ايمانكم " lalu ditanya oleh para sahabat yang belum paham. Bagaimana kami memperbarui keimanan kami wahai Rasulullah?..... بقول لا اله الا الله

Masing masing orang berbeda kadar keimanannya. ada yang setengah ada yang lebih ada yang kurang bahkan ada yang tidak sama sekali. Setengah dari iman adalah jika dihadapkan kepada perbuatan maksiat namun kita biarkan. Iman yang lebih adalah milik mereka-mereka yang berhijrah dari kefasekan hati dan pikiran. iman yang kurang adalah mereka yang kembali melakukan dosa besar setelah mengaku diri bertaubat. Tidak ada iman adalah kemalangan yang amat menyedihkan.

Setiap yang beriman pernah diuji keimanannya. mulai dari orang rendahan sampai anak bangsawan tak pandang bulu pasti ujian iman  pernah dijalankan.
Kisah seorang hujjatul islam saat Syaten menguji keimanannya. menyerupakan diri menjadi suci bahkan orang tua, Imam Hujjatul islam didatangi didalam mimpinya. sosok seorang yang lebih mulia dan terhormat daripada dirinya berupaya menggodanya. berdiri dihadapannya bermaksud memberi pemahaman dan kesepakatan. yang mengatakan engkau telah terpelihara dari dosa. tak wajib bagimu sholat, puasa dan ibadah lainnya. karena engkau telah terbebas dari segala perintah/ajaran. Namun dengan keilmuan agama yang tinggi didalam dirinya berhasil menolak segala bisikan setan didalam mimpinya. dan menjadikan ia bertambah keimanannya dan ketakwaannya kepada Tuhannya. 

Inilah kiranya menjadi i'tibar pelajaran bagi seluruh kaum mu'minin untuk selalu menjaga dan mempertahankan serta menambah keimanan yang dimilikinya. hingga maut mengambil jasad kita dan hanya kita kembali dengan iman yang kokoh hanya kepada Allah SWT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar